NAVIGASI MENU

Lindungi Dokumen Penting Anda!

Oleh : F. Yudhi Lesmana

Belum hilang ingatan kita beberapa waktu lalu, bagaimana sebagian Jawa Tengah dan Yogyakarta, terlanda bencana alam gempa bumi dengan kekuatan yang cukup dasyat. Ribuan rumah, bangunan dan sarana infrastruktur yang ada mengalami kerusakan yang demikian parah. Kerugian mencapai milyaran rupiah dan dampak ekonominya masih terasa hingga kini.

Banjir besar yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Ibukota DKI Jakarta, sudah pasti menyisakan hal yang sama seperti halnya bencana gempa bumi di Jawa Tengah dan Yogyakarta dan bencana tsunami dan gempa besar di Aceh dan mentawai tahun 2004 lalu.

Dan sekali lagi, bencana menimbulkan banyak kerugian, hilangnya nyawa orang-orang yang kita kasihi, musnahnya harta benda yang dengan susah payah dikumpulkan dengan segenap cucuran keringat dan airmata, hancurnya sarana dan prasarana komunitas dan masih panjang deret kerugian yang bisa ditambahkan.

Tiap kali suatu bencana besar lewat, satu hal tersisa yang selalu membuat kita pusing adalah mendapatkan kembali dokumen-dokumen berharga milik diri sendiri dan seluruh anggota keluarga. Dalam banyak kasus bencana alam, dan juga musibah kebakaran, kehilangan dokumen-dokumen berharga milik sendiri dan seluruh anggota keluarga adalah ritual menyedihkan yang selalu dialami korban.

Berangkat dari kisah-kisah memilukan diatas, sebenarnya kita bisa melakukan langkah antisipasi guna menjamin dokumen-dokumen berharga kita bisa terselamatkan bilamana bencana terjadi. Mulailah dengan mengumpul semua berkas dokumen berharga, dan mungkin juga sedikit harta benda berharga seperti perhiasan dan logam mulia, lalu dimasukan ke dalam suatu wadah yang kita sebut saja sebagai safety box atau safety container.

Safety box atau safety container dimaksud adalah sebuah kotak penyimpanan yang memiliki spesifikasi tahan bakar (fire-proof) dan mampu melindungi isi safety box dari panasnya kobaran api untuk jangka waktu tertentu (UL classification for fire endurance). Wadah penyimpan dokumen berharga harus pula dipilih dengan spesifikasi kedap air (water-proof) sehingga dokumen yang anda simpan selamat dari kemungkinan terendam air (baik yang berasal dari banjir maupun dari siraman air oleh petugas pemadam kebakaran.

Berkas dokumen penting apa yang sepantasnya disimpan? Ingat, ketika musibah telah lewat, anda mungkin akan mengajukan klaim asuransi kerugian harta benda yang musnah; maka berkas dokumen seperti polis asuransi, catatan daftar inventaris harta benda yang dicakup dalam polis asuransi, dokumen-dokumen yang berisi catatan keuangan, dokumen-dokumen kepemilikan harta benda seperti rumah dan kendaraan bermotor, surat akte jual-beli, surat-surat izin usaha termasuk dokumen pajak. Berkas dokumen identitas diri seperti akte kelahiran anda, isteri/suami dan anak-anak, juga paspor, sertifikat/ijazah, kartu keluarga, salinan KTP. Tidak kalah pentingnya dokumen-dokumen bukti investasi, surat-surat saham adalah sederetan daftar dari berkas yang musti anda selamatkan dengan memasukannya ke dalam safety box milik anda.

Jika anda sudah menyimpan semua berkas dokumen penting anda di dalam wadah safety container, setidaknya kekuatiran anda sedikit berkurang. Jika sesuatu yang buruk terjadi dengan rumah anda, cukuplah fokuskan diri anda untuk menyelamatkan diri bersama anggota keluarga, biarkan safety container mengambilalih tugas anda melindungi semua berkas penting. Jika kondisinya sudah memungkinkan, anda bisa mencari dan menyelamatkan safety container milik anda itu.

0 komentar klik di sini: