NAVIGASI MENU

Pastikan Anak tangga Di Rumah Anda Aman!

Disadur dari: 12 steps to stair safety at home

Orangtua lanjut usia amat rentan terjatuh/terpeleset dari anak tangga di rumah yang mengakibatkan kecelakaan yang amat serius. Data statistik di Kanada menggambarkan, 70% dari jumlah kecelakaan yang dialami orangtua lanjut usia usia 65 tahun keatas membawa akibat pada kematian korban.

Berangkat dari fakta seriusnya kecelakaan terpeleset/jatuh dari tangga di rumah ini, maka ada baiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk melihat kembali kondisi anak tangga yang terpasang di rumah anda dan membaca saran panduan keselamatan yang disampaikan berikut ini, yang diberi nama 12 langkah memastikan kembali anak tangga di rumah anda sudah aman.

1.Adakah tombol untuk menyalakan lampur pada bagian atas dan bawah anak tangga? Pasang tombol untuk menyalakan/mematikan lampu pada bagian bawah dan atas anak tangga dan pastikan saat lampu menyala, cahaya menyinari permukaan anak tangga dengan cukup terang.

2.Adakah bagian dari anak tangga yang mengalami kerusakan diperbaiki dengan sempurna? Pastikan bagian permukaan anak tangga dalam kondisi rata dengan dimensi lebar dan tinggi yang sama, atau ada bagian permukaan yang retak, patah atau mengayun saat diinjak, atau ada bagian paku yang menonjol.

3.Adakah anak tangga di rumah anda memiliki ukuran lebar dan tinggi yang sama? Kondisi anak tangga yang tidak sama ukurannya merupakan potensi kecelakaan paling besar terjadi.

4.Apakah anda dapat melihat dengan jelas bagian pinggir dari setiap anak tangga di rumah anda? Warnai bagian pinggir dari setiap anak tangga (atau bagian atas dan bawah anak tangga) dengan warna yang kontras, Atau anda bisa juga menggunakan strip khusus yang bisa anda beli di toko-toko assesories rumah. Tujuan dari ini semua adalah untuk meningkatkan visibilitas mata kita saat melangkah.

5.Jika anak tanga dilapisi dengan karpet atau sejenisnya, apakah lapisan tersebut telah dipasang dengan baik sedemikian rupa sehingga tidak sampai bergeser-geser? Melapisi anak tangga dengan karpet menciptakan potensi seseorang dapat terpeleset saat melangkah, karenanya sebaiknya karpet tersebut dilepas saja atau lapisi anak tangga dengan lapisan terbuat dari karet yang permukaannya anti-slip.

6.Apakah disepanjang sisi anak tangga dipasang handrail dan mudah dijangkau dengan tangan? Pastikan sepanjang dinding sisi anak tangga dipasang handrail dengan benar sehingga mudah bagi siapa pun yang meniti anak tangga untuk berpegangan pada handrail tersebut.

7.Apakah posisi handrail terpasang di sepanjang sisi anak tangga setinggi 90 - 100 cm dari permukaan anak tangga? Setidaknya harus terpasang handrail pada satu sisi lintasan anak tangga. Ketinggian handrail haruslah memungkinkan Anda untuk menggunakannya nyaman ketika lengan sedikit membengkok di siku.

8.Apakah anak tangga di rumah anda bebas dari tumpukan benda? Hindari kebiasaan menumpukan barang/benda apa pun diatas anak tangga, meski untuk sementara waktu. Selalu memeriksa saat anda melangkah turun atau naik di sepanjang anak tanggal tersebut.

9.Apakah anda melepas karpet yang sudah koyak atau memindahkan kain keset dari anak tangga? Bagian karpet yang koyak sehingga mudah tergeser-geser amatlah berbahaya, sekali lagi, dapat membuat seseorang terpeleset. Jika anda menggunakan keset, pastikan material yang digunakan adalah non-slip (atau bagian belakang keset terbuat dari material karet yang tidak mudah bergeser-geser setiap kali diinjak).

10.Apakah anda melangkah menyusuri anak tangga dengan tidak terburu-buru? Cara terbaik menyusuri (naik/turun) anak tangga adalah dilakukan dengan santai. Melangkah dengan terburu-buru adalah penyebab paling untuk yang membuat anda terjatuh/ tergelincir dari anak tangga.

11.Apakah anda yakin pandangan anda tidak terhalang sesuatu saat menaiki atau menuruni anak tangga? Jika anda sedang menyusuri anak tangga dengan mengangkat sesuatu barang/benda, pastikan benda yang anda bawa itu tidak menghalangi pandangan anda pada setiap anak tangga yang dilangkahi dan pastikan setidaknya satu tangan anda dalam kondisi bebas untuk memegang handrail.

12.Apakah anda melepaskan kacamata baca anda saat menapaki anak tangga? Pastikan anda melepaskan kacamata baca anda saat menaiki atau menuruni anak tangga. Hal ini guna memastikan anda bisa melihat dengan jelas.

0 komentar klik di sini: